Pengaruh Likuiditas, Profitabilitas, Leverage, Aktivitas, Beta Saham Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Barang Konsumsi Di Bursa Efek Indonesia (2010 – 2019)

Authors

  • Batista Leonardo P. Dasuha AMIK Medicom, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51178/jecs.v5i2.1515

Keywords:

Likuiditas, Profitabilitas, Leverage, Aktivitas, Beta Saham, Ukuran Perusahaan, Nilai Perusahaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh likuiditas, profitabilitas, leverage, aktivitas, beta saham dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan pada Perusahaan Manufaktur Sektor Barang Konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2010–2019 baik secara parsial maupun secara simultan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian sebab akibat (casual research) yang bertujuan untuk melakukan uji hipotesis.Berdasarkan teknik purposive samplingmaka dapat diketahui bahwa jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 14 perusahaan dengan 140 data pengamatan. Penelitian ini dilakukan di Bursa Efek Indonesia dengan menggunakan data sekunder.Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa likuiditas, profitabilitas, beta saham dan ukuran perusahaan terbukti memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Sedangkan leverage dan aktivitas memiliki pengaruh yang negatif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Pada temuan lainnya diketahui bahwa seluruh variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini secara simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap nilai perusahaan.

Downloads

Published

2023-09-15

How to Cite

Dasuha, B. L. P. (2023). Pengaruh Likuiditas, Profitabilitas, Leverage, Aktivitas, Beta Saham Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Barang Konsumsi Di Bursa Efek Indonesia (2010 – 2019). Journal Economy and Currency Study (JECS), 5(2), 73-84. https://doi.org/10.51178/jecs.v5i2.1515

Issue

Section

Articles